Pusat Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Nasional

Berita dan Event Tender

E-katalog Ciptakan Iklim Pengadaan Barang yang Transparan

Friday, 13 Oct 2017 | 07:57:15

MEDAN - Sejak 2016, Ayooklik.com resmi menjadi salah satu penyedia dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah secara online melalui E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Toko online di bawah naungan Airmas Group tersebut merupakan perusahaan IT dan mobile yang berdiri pada 2008.

Direktur Airmas Suryono Ken mengatakan, sejak awal sampai hari ini, bisnis e-commerce-nya terus bertekad memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan efesien. Selain menggarap business to government (B2G), pihaknya juga sudah menggarap business to business (B2B), bussines to consument (B2C) dan retail shop.

"Kita memberi jaminan mulai pemberian sampai service kalau terjadi kerusakan pada produk. Saat ini punya sembilan toko retail yang tersebar di enam cabang, mulai Jakarta, Bali, Jogya dan Surabaya," kata Suryono, Selasa (10/10/2017).

CEO Airmas Group Basuki Surodjo menambahkan, produk-produk yang mereka jual meliputi semua produk IT. Ayooklik.com juga sudah berpatner dengan perusahaan-perusahaan multinasional dan menjadi premium patner dari produk-produk tersebut. Juga menjadi distributor tunggal untuk beberapa merek mobile aksesoris.

Sosialisasi e-katalog di 32 provinsi dan 20 kabupaten dan kota juga telah dilakukan, sambung Basuki. Tujuannya, selain untuk memperkenalkan Ayooklik.com kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga untuk memperkenalkan produk-produk terbaru yang dimiliki principle-principle sehingga memberikan pengetahuan yang luas kepada pengguna anggaran pemerintah untuk memilih produk-produk berkualitas dan berteknologi up to date.

"Kita sudah menyiapkan sarana pendukung untuk mempermudah para SKPD melakukan tracking dan service. Kita akan launching Ayootrack.com dan Ayooservice.com, ini pelayanan terbaik kita untuk pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa. Selain itu, kita juga punya CSR, melalui Ayoopeduli.com, kita bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan," timpal Suryono.

Sementara Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan, e-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan iklim pengadaan barang dan jasa pemerintahan yang bersih dan transparan. Melalui e-katalog, proses pembelian semakin singkat dan penyerapan anggaran semakin efesien.

"LKPP optimis dengan pembelian secara online maka praktik-praktik yang selama ini tidak transparan menjadi transparan karena semua harga terbuka dan bisa diakses. Harga barang di Ayooklik.com dan e-katalog sama dari Sabang sampai Marauke sehingga terjadi pemerataan pembangunan di luar Pulau Jawa," kata Agus.