Pusat Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Nasional

Berita dan Event Tender

Sandi Siapkan Tim Khusus Tangani Masalah Penyerapan Anggaran

Friday, 12 Jan 2018 | 14:17:20

JAKARTA - Penyerapan anggaran Pemprov DKI Jakarta selalu tak terserap maksimal. Untuk tahun 2017, anggaran yang digunakan hanya sebesar 83,83%. Sehingga, pemerintah berencana membentuk tim khusus agar APBD 2018 bisa terserap lebih banyak.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengatakan pihaknya akan mengambil anggota tim itu dari Bappeda, BKD, dan Badan Pelayanan Pengadaan Pengadaan Barang dan Jasa.

BERITA TERKAIT +
Sandiaga Khawatir Beras Vietnam Masuk ke Jakarta
Mundur di Era Ahok, Rustam Effendi Kini Ditunjuk Anies Jadi Pejabat Pemprov DKI
Anies Lantik 8 Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemprov DKI
"Saya akan ambil dari Bappeda, dari BKD, dari beberepa SKPD dari pelelangan barang dan jasa," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2018).

Politikus Partai Gerindra itu menerangkan, pihaknya mendapat kabar dari Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemprov DKI Jakarta Michael Rolandi bahwa pada Februari ada proses lelang yang sudah selesai. Sehingga akan terjadi penyerapan anggaran yang cukup siginifikan.

"Artinya, ada penyerapan yang cukup signifikan dari itu," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPKD Pemprov DKI Jakarta Michael Rolandi menjelaskan serapan anggaran selalu terjadi di akhir tahun. Karena pembayaran proyek ke pihak ketiga selalu di tiga bulan terakhir sebelum tutup tahun.

"Itu tagihan pihak ketiga. Jadi tagihan-tagihan pihak ketiga untuk penyelesaian pelunasan proyek-proyek kita yang cukup besar," kata Michael.