Pusat Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Nasional

Berita dan Event Tender

Digitalisasi, Zaman Now Lelang Barang dan Jasa Sudah Online

Monday, 12 Mar 2018 | 17:09:22

JAKARTA - Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri (Ardin) Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa harus mampu membuat kalangan dunia usaha melek digitalisasi mengikuti mengikuti kemajuan informasi teknologi.

"Zaman now, jual beli barang melalui online. Lelang barang dan jasa yang diadakan pemerintah juga melalui online. Kita memasuki Revolusi Industri 4.0. Ardin Indonesia harus bergerak cepat agar melek teknologi informasi. Saya yakin Ardin Indonesia mampu," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

BERITA TERKAIT +
Sri Mulyani: Sistem Keuangan Negara Rentan Diserang Hacker
Gandeng BSSN dan BPS, Menkeu: Ini Tambang Baru di Dunia Digital
Sri Mulyani Paparkan Cara Indonesia Hadapi Ekonomi Digital
Baca Juga: Sri Mulyani: Sistem Keuangan Negara Rentan Diserang Hacker

Diharapkan mampu mengubah paradigma transaksi secara konvensional, Bambang sapaan Bamsoet ini menekankan fungsi utama Ardin Indonesia adalah membuka jaringan bagi para anggotanya. Dengan langkah itu Bamsoet yang juga Ketua Umum Ardin Indonesia ini yakin anggota Ardin akan mampu mengembangkan bisnisnya masing-masing.

Dia meminta Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri (Ardin) Indonesia turut mensukseskan program pemerintah dalam efisiensi proses pengadaan barang dan jasa. Ardin ditegaskannya tak hanya menjalankan fungsi bisnis jual beli antar perusahaan, namun juga menjalankan peran sebagai mitra strategis bagi pemerintah pusat dan daerah dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga: Gandeng BSSN dan BPS, Menkeu: Ini Tambang Baru di Dunia Digital

"Fokus pemerintah saat ini adalah efisiensi. Ardin Indonesia harus mensukseskan program ini dengan cara memotong mata rantai distribusi, sehingga meminimalkan beban barang dan jasa yang akan diperjualbelikan," Bamsoet berpesan.

Menanggapi pesan itu, Sekretaris Jenderal Ardin Indonesia Herman Heru, menyatakan kesiapan Ardin Indonesia dalam menyongsong era digitalilasi. Dirinya juga menginformasikan bahwa pengurus Ardin Indonesia sudah membuat platform marketplace penjuan produk usahanya melalui online.

Dalam kesempatan yang sama Heru meyakinkan dukungan terhadap langkah efisiensi yang dilakukan pemerintah ditunjukkan Ardin Indonesia dengan memotong berbagai mata rantai distribusi dan menjual barang serta jasa dengan harga sewajarnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Paparkan Cara Indonesia Hadapi Ekonomi Digital

"Namun kami juga minta Pak Ketua DPR bisa memberikan bantuan. Pasalnya, saat ini berbagai proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan di berbagai daerah sering kali ada permainan yang tidak fair," jelasnya.

Dia meminta Bamsoet sebagai Ketua DPR dapat berkomunikasi dengan Menteri Dalam Negeri untuk menekankan jajaran pemerintah daerah tak bermain mata dalam proses pengadaan barang dan jasa. Menjawab permintaan tersebut, Bamsoet memastikan telah berkomunikasi dengan Menteri Dalam Negeri agar jajaran pemerintah daerah mendahulukan produk dalam negeri dan pelaku usaha lokal.

“Ini semata supaya UKM dan pelaku usaha lokal bisa terbantu. Agar yang menang tender bukan hanya pelaku usaha besar saja. Bukan dia lagi, dia lagi," tukasnya.