Pusat Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Nasional

Berita dan Event Tender

KEIN Usulkan Sertifikasi Keahlian untuk Milenial

Thursday, 11 Apr 2019 | 08:32:31

Surabaya - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengusulkan pada pemerintah agar memfasilitasi sertifikasi keahlian pada generasi milenial. Sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) dan pemenuhan syarat bagi usaha kecil menengah (UKM) yang akan mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengatakan, sertifikasi keahlian sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia (SDM). Peningkatan ini akan menguatkan daya saing saat berkompetisi pada tingkat nasional maupun internasional.

"Dalam iklim globalisasi ini, sertifikasi keahlian menjadi suatu keharusan yang harus dimiliki generasi milenial," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (10/4/2019).


Soetrisno mengatakan hal tersebut di hadapan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dalam Seminar Nasional Membangun Jiwa Entrepreneurship Pemuda di Era Revolusi 4.0 di Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Baca juga: KEIN Dorong Startup Indonesia Jadi Kelas Dunia

Ia mengimbau pada mahasiswa agar segera melengkapi diri dengan memiliki sertifikasi keahlian sesuai dengan bidangnya. Sebab, kata dia, saat ini kelulusan tidak hanya cukup mengandalkan ijazah, tetapi juga harus ditambah bukti kompetensi bidang tertentu dengan sertifikasi keahlian.

Kepemilikan sertifikasi keahlian, menurutnya bukan hanya penting bagi sarjana yang memilih menjadi profesional. Hal ini juga dibutuhkan bagi sarjana yang akan menekuni usaha sendiri karena beberapa bidang usaha mensyaratkan memiliki sertifikasi keahlian bila akan mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa.

Di sisi lain, Soetrisno juga mengusulkan pada pemerintah untuk memfasilitasi sertifikasi keahlian, terutama di kalangan mahasiswa. Bentuknya dapat berupa menjembatani kerja sama perguruan tinggi dengan Balai Latihan Kerja (BLK).

Soetrisno menerangkan, Presiden Jokowi sudah beberapa kali menyerahkan sertifikasi keahlian sejumlah bidang pada generasi milenial. Karena itu, dirinya berkeyakinan usulannya pasti diterima Presiden Jokowi.

Baca juga: Arif Budimanta: Pertumbuhan Ekonomi Perlu Diapresiasi

"Untuk menjamin kelangsungan sertifikasi keahlian bagi generasi milenial, terutama pada mahasiswa, maka sudah selayaknya mendukung Pak Jokowi kembali," kata Soetrisno.