Pusat Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Nasional

Berita dan Event Tender

13 Proyek Batal Lelang Tahun Ini, Salah Satunya Retensi Gedebage

Tuesday, 10 Sep 2019 | 08:04:51

Bandung - Bagian Layanan dan Pengadaan (Balap) Kota Bandung tahun ini menerima ajuan sebanyak 263 tender atau lelang dari sejumlah SKPD. Dari jumlah tersebut, tercatat 13 proyek batal dilelangkan tahun ini.

Kepala Balap Kota Bandung Rosyidi Santono mengatakan, data terakhir, ada 263 permohonan lelang yang masuk ke Balap. Dari total tersebut, ada 103 yang sudah selesai proses lelang dan 13 proyek lelang dibatalkan.

"Yang batal (lelang) ada 13, termasuk kolam retensi Gedebage. Batal ini disebabkan beberapa hal dan pengertian," katanya di Balai Kota Bandung, Selasa (3/9/2019).

Dia mengungkapkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan lelang dibatalkan. Misalnya saja dari SKPD yang memang menganulir dan menarik pengajuan lelang yang telah diumumkan Balap dengan alasan waktu yang tidak mencukupi dan alasan teknis lainnya.

Selain itu, lelang dibatalkan karena terjadi kegagalan dalam proses lelang. Contohnya saja lelang proyek kolam retensi di Pasar Gedebage terpaksa dibatalkan karena ada sanggahan, sehingga pemenang lelang yang sudah terpilih terpaksa dibatalkan.

"Gagal proses lelang ada beberapa hal. Pertama, tidak ada penawaran yang masuk. Kedua, tidak ada yang lulus evaluasi (saat proses lelang berlangsung)," ucapnya.

Dia menuturkan, sejauh ini sebagian besar proyek yang sudah selesai dilelangkan berada pada bidang konstruksi, konsultasi, barang dan jasa. Sementara saat ini masih ada 147 proyek atau pekerjaan yang masih dalam tahapan lelang.

"Idealnya lelang itu September. Oktober sudah terdeteksi yang diumumkan berapa yang jadi ditenderkan. Berapa yang jadi ditenderkan, berapa yang selesai, berapa yang batal. Terutama yang masa pelaksanaan (kerja atau pembangunan) 2-3 bulan masih bisa, tapi kalau pelaksanaan 4 bulan sudah lewat," ucapnya.