Pusat Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Nasional

Berita dan Event Tender

Peduli Literasi dan Lingkungan, PLN UIP JBB Gelontorkan Rp 200 Juta - Oleh : Yudo Dahono / YUD, beritasatu.com

Friday, 16 Apr 2021 | 08:45:43

Jakarta, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) gelontorkan dana sebesar Rp 200 juta untuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pada Kamis (15/4/2021).

Dua penerima manfaat TJSL bergerak di bidang usaha mikro dan lingkungan yaitu Kopi Literasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Rutinitas dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Interaktif Muara Angke.

“Bantuan ini disampaikan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kesejahteraan masyarakat dan juga dukungan akan upaya perbaikan terhadap lingkungan,” ujar General Manager PLN UIP JBB, Ratnasari Sjamsuddin melalui keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

TBM Rutinitas selaku pelaku usaha mikro `Kopi Literasi` merupakan salah satu taman baca yang tumbuh di Tangerang Selatan. Kehadirannya bertujuan untuk meningkatkan indeks minat baca masyarakat sekitar.

Dengan semangat untuk terus menumbuhkan budaya literasi, TBM Rutinitas berusaha mencari cara inovatif dan kreatif. Tercetuslah ide untuk berjualan kopi keliling sambil membawa buku-buku koleksinya.

“Jadi selain ngopi, bisa sambil baca-baca buku. Target kami agar budaya baca masyarakat tetap tumbuh subur,” ungkap Suharta Ristian, penanggungjawab Kopi Literasi.

Melihat potensi dan cita-cita baik dari TBM Rutinitas ini, PLN UIP JBB tergerak untuk memberikan bantuan senilai Rp 160 juta. Bantuan ini nantinya akan digunakan untuk pengadaan moda listrik roda tiga yang dipakai berjualan.

“Kami sempat berjualan sekitar tiga bulan dengan moda pinjaman, tapi karena mau dipakai oleh yang punya, jadi kemudian vakum cukup lama,” imbuh Suharta.

Adanya bantuan PLN membuat Suharta sangat bersyukur karena ia kembali bisa berjualan. “Apalagi bantuan moda listrik ini ramah lingkungan dan perawatannya juga lebih mudah. Kami sangat berterima kasih sekali pada PLN atas bantuannya yang kembali membuka jalan kami untuk berjualan dan menebar semangat literasi,” tukas Suharta.

Selain bantuan berupa dua unit moda listrik, PLN UIP JBB juga memberikan bantuan peralatan usaha yang memadai untuk berjualan kopi.

Suharta menambahkan, rencananya TBM Rutinitas bersama Kopi Literasi ini tidak hanya berkeliling di Tangerang Selatan saja, namun juga menjangkau kota-kota lain di sekitarnya. “Kami juga ingin rangkul komunitas TBM lain agar bisa lebih kreatif dan inovatif dalam upayanya menumbuhkan minat baca masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, kepedulian PLN UIP JBB terhadap lingkungan juga diwujudkan dengan pemberian bantuan kepada Rptra Interaktif Muara Angke. RPTRA yang terletak di Kampung Nelayan Muara Angke ini sebelumnya sudah memiliki lahan yang digunakan untuk menanam berbagai macam tumbuhan layak konsumsi. Sayangnya, akibat banjir yang datang cukup tinggi, semua tanaman habis. “Kami tidak punya dana untuk memulai kembali kebun kami,” ucap Rahmansyah, Koordinator Rptra Interaktif Muara Angke.

Setelah satu tahun menunggu adanya uluran bantuan, Rptra Interaktif Muara Angke pun mendapatkan kabar baik. Bantuan senilai Rp 40 juta diberikan oleh PLN UIP JBB, yang akan digunakan untuk revitalisasi kebun. “Kami sangat senang sekali, akhirnya nasib kebun kami memiliki harapan lagi,” ungkap Rahmansyah. Ia melanjutkan, dana bantuan ini nantinya akan digunakan untuk meninggikan bangunan kebun agar tidak lagi habis digerus banjir. “Kami juga akan menanam tanaman-tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk konsumsi dan usaha, salah satunya adalah bunga telang.”

Adanya bantuan TJSL ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab PLN UIP JBB terhadap lingkungan. “Kami berharap bantuan ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih giat dalam melestarikan lingkungan, dan semakin bersemangat untuk menyebarkan nafas literasi demi masyarakat yang lebih baik,” tandas Ratnasari Sjamsuddin.